Friday, January 20, 2017
Sentra HKI Pedoman Pelaksanaan

Ringkasan dari Panduan Pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual Universitas Kristen Petra


A. RUANG LINGKUP

Ruang lingkup pedoman ini mengatur pelaksanaan pengelolaan HKI yang dihasilkan dari kegiatan penelitian, pengembangan, dan kreativitas, di lingkungan UK Petra, yang dilakukan oleh pegawai, mahasiswa dan/atau berkolaborasi dengan pihak lain yang terkait.Yang dimaksud dengan pihak lain di sini adalah dapat berupa perorangan, sekelompok orang, persekutuan perdata, lembaga, organisasi, atau badan hukum.

Pengelolaan HKI UK Petra meliputi kegiatan perolehan, kepemilikan, perlindungan, dan pemanfaatan HKI.


B. PEROLEHAN HKI UNIVERSITAS

  1. UK Petra dapat memperoleh HKI dari penghasil HKI yang terdiri dari:
    1. Pegawai;
    2. Mahasiswa;
    3. Orang, sekelompok orang, persekutuan perdata, lembaga, organisasi, alau badan hukum selain pegawai atau mahasiswa.
    Hak kepemilikian HKI ada pada Universitas, namun hak moral melekat kepada penghasil HKI (inventor/penemu/penulis)
  2. Setiap hasil penelitian yang berpotensi HKI (dalam rangka penugasan resmi) dan layak didaftarkan HKI-nya, manakala penelitian tersebut dibiayai baik seluruh maupun sebagian oleh Universitas dan/atau menggunakan fasilitas UK Petra, wajib dialihkan HKI-nya kepada UK Petra.
  3. Karya mahasiswa yang dihasilkan dalam proses belajar di UK Petra wajib dialihkan HKI-nya kepada UK Petra.
    Seluruh pegawai wajib mendukung upaya perolehan HKI UK Petra dengan memberikan laporan penelitian, pengungkapan invensi dan/atau inovasi kepada UK Petra.


C. KEPEMILIKAN HKI UK PETRA

  1. Kepemilikan HKI UK Petra yang diperoleh dari pegawai dan mahasiswa sebagaimana dimaksud dalam bagian b poin (1) & (2) di atas, dilakukan melalui perjanjian atau pengalihan hak atas HKI dari pegawai/mahasiswa yang bersangkutan.Pengalihan kepemilikan HKI UK Petra dilakukan melalui suatu surat perjanjian pengalihan HKI atau surat perjanjian kepemilikan bersama HKI.
  2. Kepemilikan HKI UK Petra sebagaimana dimaksud dalam bagian c, diatas dilakukan melalui suatu surat pengalihan HKI atau surat pernjanjian kepemilikan bersama HKI.
  3. UK Petra memberikan pengakuan, penghargaan, insentif, dan/atau pembagian royalti dan hasil pemanfaatan HKI UK Petra kepada pegawai dan mahasiswa atau ahli warisnya apabila yang bersangkutan telah meninggal dunia.


D. PERLINDUNGAN HKI

Untuk melindungi kepemilikan HKI UK Petra, UK Petra melakukan upaya pendaftaran HKI (biaya pendaftaran dan pemeliharaan HKI ditanggung UK Petra), pemanfaatan HKI, maupun upaya-upaya hukum untuk melindungi kepemilikan HKI UK Petra sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


E. PEMANFAATAN HKI UK PETRA

  1. Pemanfaatan HKI UK Petra dilakukan melalui perjanjian lisensi HKI antara UK Petra dengan pemegang lisensi, atau perjanjian kerjasama yang memuat ketentuan mengenai hak dan kewajiban UK Petra sebagai pemilik HKI UK Petra dengan mitra kerjasama.
  2. Perjanjian lisensi HKI UK Petra atau perjanjian kerjasama sebagaimana dimaksud di atas, ditandatangani oleh Rektor atau pejabat di lingkungan UK Petra yang mendapatkan pendelegasian dari Rektor.


F. PEMBAGIAN PENDAPATAN DARI KOMERSIALISASI HKI

  1. Pembagian pendapatan dari hasil pemanfaatan HKI antara UK Petra dengan pemegang lisensi atau mitra kerjasama dituangkan dalam sebuah perjanjian lisensi, atau perjanjian kerjasama, dengan mempertimbangkan komponen biaya penelitian, pengembangan dan kreativitas, yang dilakukan oleh peneliti, insentif bagi peneliti, biaya penggunaan fasilitas UK Petra, dan komponen biaya lainnya yang menjadi beban dan dibutuhkan untuk pengembangan UK Petra.
  2. Pembagian pendapatan dari hasil pemanfaatan HKI antara UK Petra dengan penghasil/inventor HKI, dilakukan dengan mempertimbangkan sebagian atau seluruh kontribusi pegawai/mahasiswa, dan dalam hal-hal sebagai berikut:
    1. Ide atau gagasan;
    2. Keterlibatan aktif dalam implementasi dalam bentuk aplikasi hasil riset;
    3. Tacit knowledge;
    4. Kombinasi sebagian atau seluruh kontribusi-kontribusi di atas.
  3. Pembagian pendapatan sebagaimana dimaksud pada poin (2) di atas yang diterima UK Petra berupa royalti dan pendapatan lainnya, dilakukan dengan menggunakan asas-asas:
    1. Rasa keadilan dan proporsionalitas dalam pembagian hasil pemanfaatan invensi antara UK Petra dengan pegawai atau mahasiswa yang bersangkutan,
    2. Kejujuran dan transparansi antara UK Petra dengan pegawai atau mahasiswa yang bersangkutan dalam mengungkapkan data dan sumber daya pendukung invensi serta penggunaan hasil pemanfaatan invensi,
    3. Rasa saling percaya antara UK Petra dengan pegawai dan mahasiswa,dan
    4. Kesetiaan pada ilmu pengetahuan, almamater, bangsa dan peradaban manusia.
  4. Pembagian royalti dilakukan dengan cara sebagai berikut:
    1. UK Petra mendapat bagian sebesar 50% (lima puluh persen) dan keseluruhan royalti yang diperoleh UK Petra dari pemegang lisensi HKI UK Petra, yang dialokasikan ke dalam anggaran keuangan UK Petra, dengan porsi sebagai berikut:
      1. 50% (lima puluh persen) dialokasikan untuk dana pengembangan Fakultas/Unit Kerja penghasil HKI, dan
      2. 50% (lima puluh persen) dialokasikan untuk dana pengembangan lainnya di luar Fakultas/Unit Kerja tempat invensi atau HKI dihasilkan;
    2. Penghasil HKI secara perseorangan atau secara kelompok mendapatkan bagian sebesar 50% (lima puluh persen) dari keseluruhan royalti yang diperoleh UK Petra dari mitra pemegang lisensi HKI UK Petra.
    3. Ketentuan huruf a dapat ditinjau ulang oleh Rektor setiap tahun sesuai dengan perkembangan hasil pemanfaatan HKI UK Petra.
    4. Ketentuan huruf b dapat disepakati ulang antara UK Petra dengan pegawai atau mahasiswa penghasil HKI sesuai dengan perkembangan hasil pemanfaatan HKI UK Petra, tanpa mengubah porsi pembagian alokasi pemanfaatan dalam huruf a butir (i) dan (ii). Dalam hal ini UK Petra dan Fakultas/Unit Kerja tetap mendapat porsi yang sama besar dari nilai royalti setelah dikurangi jumlah porsi yang telah disepakati ulang untuk pegawai atau mahasiswa penghasil invensi.
    5. Bila penghasil HKI adalah orang, sekelompok orang, persekutuan perdata, lembaga, organisasi, atau badan hukum selain pegawai atau mahasiswa sebagaimana diatur pada bagian b poin (1) huruf c, maka cara pembagian sebagaimana diatur dalam huruf a di atas tidak berlaku, karena UK Petra mendapatkan 50% (lima puluh persen) dari royalti tanpa harus berbagi dengan Fakultas/Unit Kerja terkait.
  5. Penghasil HKI dapat mengajukan permohonan cara pembagian hasil di luar ketentuan sebagaimana diatur dalam poin (4) huruf a dan b di atas kepada pimpinan UK Petra, dengan memberikan bukti-bukti yang cukup tentang komponen-komponen biaya yang ditanggung dan dikeluarkan oleh penghasil HKI yang bersangkutan dan UK Petra, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam menghasilkan HKI, termasuk penggunaan aktiva tetap berwujud dan tidak berwujud milik UK Petra.
  6. Aktiva tetap berwujud sebagaimana dimaksud pada poin (5) di atas meliputi (namun tidak terbatas pada):
    1. Penggunaan fasilitas dan laboratorium UK Petra, termasuk namun tidak terbatas pada biaya pemeliharaan, listrik dan alat tulis kantor (ATK) yang digunakan;
    2. Alat dan bahan laboratorium.
  7. Aktiva tetap tak berwujud sebagaimana dimaksud padapoin (5) di atas meliputi namun tidak terbatas pada:
    1. hak sewa,
    2. biaya pengelolaan, termasuk namun tidak terbatas pada biaya yang dikeluarkan untuk sumber daya manusia pendukung penelitian dan pengembangan hak kekayaan intelektual,
    3. perizinan,
    4. biaya pengurusan pendaftaran dan perlindungan HKI,
    5. waralaba, dan
    6. itikad baik.
  8. Pendapatan lainnya sebagaimana dimaksud pada poin (3) meliputi namun tidak terbatas pada:
    1. Pembayaran perdana yang diterima UK Petra sebagai tanda dicapainya kata sepakat antara UK Petra dengan perusahaan pemegang lisensi atau mitra kerjasama;
    2. Deviden hasil penyertaan modal UK Petra pada pemegang lisensi atau mitra kerjasama yang waktu pembagiannya dilakukan dengan kesepakatan antara UK Petra dengan pegawai atau mahasiswa penghasil HKI.
  9. Pembagian pendapatan lainnya sebagaimana dimaksud dalam poin (8) mengikuti cara pembagian royalti sebagaimana diatur pada poin (4).


G. UK PETRA SEBAGAI PEMEGANG LISENSI

  1. UK Petra dapat melakukan kegiatan pelaksanaan atau perbanyakan darikarya/teknologi yang dilindungi HKI milik pihak lain melalui perjanjian lisensi atau perjanjian kerjasama dengan pemilik karya/teknologi.
  2. Kegiatan tersebut dalam poin (1) di atas ditujukan untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan, seni dan teknologi, benchmarking, atau kerjasama penelitian yang bermanfaat untuk pengembangan fasilitas riset UK Petra.
  3. Perjanjian kerja sama atau perjanjian lisensi dimana UK Petra merupakan pihak pemegang lisensi sebagaimana tersebut dalam poin (1) di atas, ditandatangani oleh Rektor atau pihak yang mendapatkan pendelegasian dari Rektor.


H. TIM PENILAI HKI

  1. Pimpinan UK Petra, atas permohonan dari Kepala LPPM, membentuk Tim Penilai HKI yang terdiri dari beberapa pegawai di lingkungan UK Petra yang menguasai bidang ilmu yang terkait dengan potensi HKI yang akan dinilai.
  2. Tim Penilai HKI bersifat ad-hoc.
  3. Tim Penilai HKI bertugas untuk membantu pimpinan UK Petra dalam kegiatan pengelolaan HKI yang berkaitan dengan tugas Sentra HKI.
  4. Dalam membentuk Tim Penilai HKI, pimpinan UK Petra mendapat rekomendasi dari Dekan/Pimpinan Unit Kerja.
  5. Apabila diperlukan, pimpinan UK Petra dapat menunjuk pakar atau ahli dalam bidang ilmu terkait dari luar UK Petra untuk menjadi anggota Tim Penilai HKI.


Keterangan, prosedur, dan informasi lebih lengkap bisa dibaca di Panduan Pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual Universitas Kristen Petra

Кипарис виден, держите прямо на него.

Я их привел, чтобы они "игровые автоматы призовые автоматы" отвезли его в ломбард, господин фельдкурат.

РОТОНДА "Подвиг. Набоков" Всю эту бессонную ночь в моем мозгу проносились тысячи мыслей, тысячи раз надежда, сомнение и страх сменяли друг друга, и я строил "Биология Справочник для старшеклассников и пост. в вузы" сотни всевозможных планов.

Пусть, если хотят, бегут к тем деревьям, а то очутятся в еще более "Фер-де-Ланс Смерть потаскушки..." жарком месте.

В моем дремлющем сознании одна картина сменяла другую.

Все они "Русалочка" понимают, что многим обязаны тебе, и их благодарность нельзя выразить словами.

Bahasa Indonesia

Info LPPM

Cangkrukan Ilmiah : Purposed Research Based on Patent

Ingin hasil penelitian inovatif, yang belum pernah dilakukan orang lain? Rencana akan mempatenkan? bila iya, acara cangkrukan kali ini akan mengupas bagaimana mencari dokumen paten dan tips membaca dokumen paten tersebut.

Sentra HKI - Universitas Kristen Petra akan mengadakan cangkrukan - ilmiah :

Tema : Purposed Research Based on Patent

Tanggal : 6 Maret 2015

Waktu : 13.00 - 15.30 WIB

Ruang : RK 1 Gedung Radius Prawiro lt 10

Pembicara : Nugraha Pratama Adhi, S.T., M.HP (Konsultan HKI)

 

Biaya Pendaftaran Rp. 100.000

Bapak Sumarno, telp 031-2983147

email : marno@petra.ac.id, puslit@petra.ac.id

 

Telah Terbit Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 15 No. 2 November 2013 - TERAKREDITASI

Jurnal Akuntansi dan Keuangan animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Jurnal Manajemen dan Kewiraushaan Vol. 16 No. 2 September 2014

Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan

animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email: puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Telah Terbit - Civil Engineering Dimension Vol. 16 No. 2 (2014) - September 2014 - TERAKREDITASI

civil engineering dimension animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Telah Terbit - K@ta (Jurnal Sastra Inggris) Vol. 16 No. 1 - Juni 2014 - TERAKREDITASI

K@ta animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Telah Terbit - Jurnal Teknik Industri Vol. 16 No. 2 - Desember 2014 - TERAKREDITASI

Jurnal Teknik Industri animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Unit Transfer Teknologi

UK Petra yang didirikan pada tahun 1961 memiliki visi menjadi Universitas yang Peduli dan Global yang Berkomitmen pada nilai-nilai Kristiani. Visi ini yang mendasari keinginan UK Petra untuk memajukan dan memberdayakan masyarakat melalui kualitas dan keunggulan kepakaran yang dimilikinya.

 

Who's Online

We have 122 guests online