Friday, January 20, 2017
Pusat Studi Pusat Studi Kewirausahaan Sosial

LATAR BELAKANG

Memasuki suatu era ekonomi yang berbasiskan pengetahuan, dunia termasuk Indonesia akan menghadapi persaingan kerja yang lebih kompetitif. Teknologi canggih, kewirausahaan, kualitas kepemimpinan, berpikir kreatif, dan komunikasi yang baik adalah beberapa kata kunci untuk tetap bertahan dalam memasuki area global ini. Dengan kemajuan dalam meningkatkan kualitas hidup, semakin banyak pula bahaya yang menurunkan nilai dan interaksi manusia dalam area kompetitif ini. Karena itu dunia tidak hanya butuh mereka yang ahli dalam bidangnya, berkarakter kuat dan kualitas kepemimpinan yang akan menjadi wirausaha membentuk lapangan kerja dan keahlian dalam keilmuan dan dunia bisnis. Tetapi dunia juga membutuhkan wirausaha yang peduli secara spiritual, humanisme, dan aspek sosial dalan hidup manusia untuk menjembatani celah antara pihak kuat dan lemah, kaya dan miskin, serta memberikan keseimbangan harmonis antara hidup dan alam. Masalah kompleks seperti pemanasan global, korupsi, kemiskinan, masalah ekonomi global dan lain sebagainya adalah pekerjaan rumah bagi tiap warga negara di dunia. Seperti dunia membutuhkan wirausaha, wirausaha sosial juga dibutuhkan sebagai penyeimbang antara dunia yang kompetitif dan hidup yang harmonis.

Tujuan utama dari kewirausahaan sosial adalah untuk meningkatkan kehidupan sosial dan lingkungan yang lebih baik. Walaupun wirausaha sosial seringkali bersifat non-profit, tetapi hal ini juga tidak bertentangan dengan usaha yang mendatangkan keuntungan. Wirausaha sosial adalah lebih dari membuat keuntungan, dengan menggunakan percampuran nilai model bisnis yang mengkombinasikan dengan bisnis yang mendatangkan penghasilan dengan struktur atau komponen yang menciptakan nilai sosial.

Universitas Kristen Petra dengan visi sebagai universitas yang peduli dan global memerankan peranan penting di negara ini yang membentuk generasi masa melalui pemberian edukasi yang berkualitas. Dalam perjalanan menyongsong usia yang ke 50 tahun, Universitas Kristen Petra dengan visinya dalam kepedulian masih harus merenungkan kontribusinya kepada dunia. Pembelajaran dan proyek dalam kewirausahaan sosial dibutuhkan oleh institusi untuk belajar dan menunjukkan kontribusinya sebagai agen perubahan kepada negara atau dunia. Sebagai institusi pendidikan, Universitas Kristen Petra juga bertanggung jawab untuk membentuk generasi muda yang tidak hanya ahli dalam bidangnya atau murni wirausaha, tetapi juga sebagai pihak yang inovatif terhadap perubahan (wirausaha sosial).

Mempunyai nilai LIGHT dalam semua program dan yang dipunyai oleh staf, mahasiswa, dan alumni, Universitas Kristen Petra harus memulai pemikiran tentang bagaimana menerangi (LIGHT) dunia yang tentu saja memuliakan Tuhan. Melalui riset, membentuk komunitas kewirausahaan sosial dan bekerja sama dengan institusi lain, maka visi ini tentu saja akan segera terwujud.

DEFINISI

Kewirausahaan Sosial, melibatkan individu atau kelompok orang, yang termotivasi oleh misi untuk menyelesaikan masalah sosial berdasarkan nilai Kristiani, sejalan dengan transformasi berkelanjutan dalam pemikiran dan sikap ekonomi, lingkungan, dan spiritual.

VISI DAN MISI

Visi :

Berdasarkan nilai Kristiani dan kepemimpinan hamba (servant leadership), Pusat Studi Kewirausahaan Sosial Universitas Kristen Petra memberdayakan tiap individu untuk mengatasi tiap masalah kewirausahaan sosial dan menjadi agen perubahan.

Misi :

  1. Menyelenggarakan penelitian dalam kewirausahaan sosial
  2. Membuat proyek berkelanjutan dalam bidang kewirausahaan sosial
  3. Membentuk komunitas belajar yang berkomitmen terhadap kewirausahaan sosial sebagai agen perubahan
  4. Memfasilitasi proses belajar dalam kewirausahaan sosial untuk komunitas Universitas Kristen Petra sebagai agen perubahan yang inovatif.


Dampak : 4 P

  • Profit - Kesejahteraan
  • Planet - Peduli kepada penciptaan
  • People - Memberkati orang
  • Pray – Memuliakan kerajaan Surga

Надо помнить свою боль и раны, полученные в "Reg organizer ключ для регистрации" прошлой жизни, чтобы можно было с ними справиться, раскрыться и дать мучающим вас проблемам слиться со Вселенной, вместо того, чтобы накапливать их внутри себя.

И потом, ведь индейцы показывались только по ночам.

В центре его возвышается огромный навес, занимающий пол-акра земли.

Bahasa Indonesia

Info LPPM

Cangkrukan Ilmiah : Purposed Research Based on Patent

Ingin hasil penelitian inovatif, yang belum pernah dilakukan orang lain? Rencana akan mempatenkan? bila iya, acara cangkrukan kali ini akan mengupas bagaimana mencari dokumen paten dan tips membaca dokumen paten tersebut.

Sentra HKI - Universitas Kristen Petra akan mengadakan cangkrukan - ilmiah :

Tema : Purposed Research Based on Patent

Tanggal : 6 Maret 2015

Waktu : 13.00 - 15.30 WIB

Ruang : RK 1 Gedung Radius Prawiro lt 10

Pembicara : Nugraha Pratama Adhi, S.T., M.HP (Konsultan HKI)

 

Biaya Pendaftaran Rp. 100.000

Bapak Sumarno, telp 031-2983147

email : marno@petra.ac.id, puslit@petra.ac.id

 

Telah Terbit Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 15 No. 2 November 2013 - TERAKREDITASI

Jurnal Akuntansi dan Keuangan animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Jurnal Manajemen dan Kewiraushaan Vol. 16 No. 2 September 2014

Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan

animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email: puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Telah Terbit - Civil Engineering Dimension Vol. 16 No. 2 (2014) - September 2014 - TERAKREDITASI

civil engineering dimension animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Telah Terbit - K@ta (Jurnal Sastra Inggris) Vol. 16 No. 1 - Juni 2014 - TERAKREDITASI

K@ta animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Telah Terbit - Jurnal Teknik Industri Vol. 16 No. 2 - Desember 2014 - TERAKREDITASI

Jurnal Teknik Industri animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Unit Transfer Teknologi

UK Petra yang didirikan pada tahun 1961 memiliki visi menjadi Universitas yang Peduli dan Global yang Berkomitmen pada nilai-nilai Kristiani. Visi ini yang mendasari keinginan UK Petra untuk memajukan dan memberdayakan masyarakat melalui kualitas dan keunggulan kepakaran yang dimilikinya.

 

Who's Online

We have 104 guests online