Friday, January 20, 2017
Penelitian Pedoman Pelaksanaan

Ringkasan dari Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) Universitas Kristen Petra.

Lihat juga Rencana Induk Penelitian UK Petra 2012-2017

I. ARAH DAN FOKUS PENELITIAN UK PETRA

1. Arah Penelitian

Dalam rangka pencapaian kualitas dan unggulan dalam hal penelitian seperti tertuang dalam misi UK Petra dan digariskan pada Renstra 2012-2017, kegiatan penelitian UK Petra diarahkan pada pendekatan multidispliner seperti tertuang pada SK Rektor No. 207/Kept/UKP/2012. Pendekatan multidisipliner yang dimaksud yaitu dengan menggabungkan berbagai kepakaran dosen dalam kekuatan keilmuan di masing-masing jurusan/fakultas dan didukung oleh pusat-pusat studi.

2. Fokus Penelitian

Bidang-bidang yang ditetapkan sebagai fokus penelitian Universitas Kristen Petra dalam kurun waktu 2012-2017 adalah:

  • Sustainable Engineering
  • Masyarakat dan Budaya
  • Ekonomi Kreatif

 

2.1. Fokus Penelitian Sustainable Engineering

Isu strategis yang ingin dihadapi melalui fokus penelitian ini adalah pemanasan global (global warming) serta perubahan iklim (climate change). Terjadinya pemanasan global menuntut kita semua untuk mengubah paradigma pembangunan dan tak dapat menghindarkan diri dari kewajiban mengimplementasikan konsep pembangunan yang lebih ramah terhadap lingkungan atau lebih dikenal sebagai Sustainable Development (Pembangunan Berkelanjutan).

Konsep Sustainable Development yang paling banyak diterima adalah yang sering disebut sebagai The Brundtland Definition yaitu ‘pembangunan yang memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka’. Deklarasi Rio de Janeiro tahun 1992 telah mengadopsi definisi ini, serta memperkenalkan konsep tiga dimensi yang mengakui bahwa Sustainable Development merupakan keseimbangan antara dimensi-dimensi: Environmental Protection, Economic Growth & Social Development.

Sementara itu, ‘Indonesia Climate Change Sectoral Roadmap (ICCSR) 2010-2014’ yang diterbitkan oleh Bappenas menetapkan empat sektor yang perlu beradaptasi dengan perubahan iklim, yaitu: Sektor Air, Sektor Kelautan dan Perikanan, Sektor Pertanian serta Sektor Kesehatan. ICCSR juga menetapkan lima sektor yang perlu melakukan mitigasi, yaitu: Sektor Transportasi, Sektor Kehutanan, Sektor Industri, Sektor Energi, serta Sektor Pengolahan Limbah.

Dengan latar belakang seperti ini, bidang green engineering yang berorientasi pada bidang rekayasa dan teknologi yang ramah lingkungan menjadi bidang yang teramat strategis untuk digeluti, sebagai bagian dari kontribusi UK Petra dalam menjawab tantangan global. Kata engineering di sini meliputi juga social engineering.

Berbekal potensi sumber daya manusia (SDM) yang ada beserta dengan pengalaman serta bidang minat penelitian, Universitas Kristen Petra dapat berperan aktif dalam proses pembangunan yang lebih bertanggung jawab ini sebagai tanggapan atas perubahan iklim yang terjadi. Penelitian-penelitian dan pengembangan di bidang Green Engineering yang dapat digeluti para peneliti di UK Petra antara lain dalam sub-bidang:

a. Bidang Material               : Green Construction Materials, Energi Bangunan

b. Metoda dan Proses        : Supply Chain, Sustainable Energy, Sustainable Design for Human Settlements,

                                              Electric Vehicle, Vernacular Architecture and Structures

c. Sumber Daya Manusia   : Kurikulum Sustainable Development

Dalam bidang Green Engineering ini, penelitian-penelitian yang dapat dikerjakan di UK Petra antara lain adalah:

a. Bangunan hemat energi yang ramah lingkungan; material konstruksi yang ramah lingkungan (mengurangi produksi gas CO2, awet, dan sebanyak mungkin memanfaatkan limbah); peningkatan nilai tambah produk pertanian melalui efisiensi rantai pasok; penelitian kebijakan, efisiensi dan energi alternatif; mobil ramah lingkungan; sustainable design for human settlements; serta kajian arsitektur dan struktur vernakular.

b. Setiap fakultas dan program studi dapat terlibat menyiapkan kurikulum terintegrasi untuk menyiapkan mahasiswa menjadi pelaku Green Engineering.

c. Penelitian di bidang material yang lain (di luar material konstruksi) yang lebih ramah lingkungan

d. Bangunan hijau secara holistik: yang berdaya layan lama, kurang dalam penggunaan material alami, kurang dalam produksi gas CO2 pada bahan-bahan yang dipakai maupun dalam proses operasi dan pemeliharaannya.

 

Fokus penelitian Green Engineering di UK Petra didukung oleh SDM dan fasilitas penelitian dari Program Studi/Fakultas/Pusat Studi dengan Prodi Teknik Sipil dan Arsitektur dapat mengambil peran penting dalam desain dan proses konstruksi bangunan dan lingkungan binaan lain yang ramah lingkungan dengan siklus hidup lebih panjang, baik melalui pengembangan dan pemanfaatan material dan teknologi modern maupun melalui pembelajaran dari kearifan lokal yang terbentuk dari proses belajar berabad-abad yang lampau. Fakultas Teknologi Industri juga dapat mengambil peran penting dalam bidang penelitian ini, khususnya dalam bidang energi dan material yang ‘hijau’.

 

2.2. Fokus Budaya dan Masyarakat

Indonesia adalah negarakepulauan yang memiliki keragamanbudaya yang berbedaantara satu suku/etnisdengan yang lainnya. Konflik antarras/suku/agama yang masihterjadi di beberapatempatmerupakanbuktibahwatoleransibudayabelumdisadari, dihayati dan dipraktekanolehmasyarakat.

Beberapabadandunia, seperti United Board for Christian Higher Education menetapkan fokus penelitian pada “peacebuilding” yang dijabarkan dalam 3 tema yaitu environment, inter religious dan local knowledge.  

UNESCO jugamengeluarkanbeberapa issue strategisuntukkehidupanmsyarakat yang plural danpenuhtoleransi. Untuk itu UNESCO telahmencanangkan ‘Universal Declaration on Cultural Diversity’, dengan topic:

a.Identity, Diversity and Pluralism

b.Cultural Diversity and Human Rights

c.C ultural Diversity and Creativity

d.Cultural Diversity and International Solidarity

 

Morgan (2005) mengatakan bahwa, peacebuilding dapat menjadi metode untukmencapai ‘human security’ dalam 3 tahapan , yaitu personal, institusional dan menggali akar budaya masyarakat yang negatif seperti kemiskinan, kelaparan, dan kebodohan). Oleh sebab itu issue Budaya dan Masyarakat merupakan sebuah topik unggulan bagi UK Petra untuk ikut menggali nilai nilai positif budaya bangsa untuk mencapai kondisi ‘peace’.

 

Kebudayaan adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Kebudayaan tidak akan ada tanpa manusia, sebaliknya manusia tanpa kebudayaan tidak akan bisa bertahan dalam mengarungi kehidupan. Moh. Hatta memberikan definisi singkat mengenai apa itu kebudayaan yang mengatakan kebudayaan itu adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa.

 

Dalam istilah Inggris, ”budaya” adalah culture, yang berasal dari kata Latin colereyang berarti “mengolah, mengerjakan” terutama mengolah tanah atau bertani(Koentjaraningrat, 2000).Unsur-unsur kebudayaan menurut Koentjaraningrat(2000: 2) adalah sebagai berikut:

a. Sistem religi dan upacara keagamaan.

b. Sistem dan organisasi kemasyarakatan.

c. Sistem pengetahuan

d. Bahasa

e. Kesenian

f. Sistem mata pencaharian hidup.

g. Sistem teknologi dan peralatan.

Bidang-bidang Budaya & Masyarakat yang menjadi fokus UK Petra adalah (namun tidak terbatas pada hal ini saja):

a. Kajian issue ‘peacebuilding’ dengan bermacam konflik yang sering muncul di masyarakat, seperti penanganan konflik agama, gender, etika moral, dll) untuk kepentingan kesejahteraan personal dan kelompok.

b. Kajian akan Budaya yang bersifat tangible (misalnya arsitektur, kulinari) maupun yang intangible (misalnya tarian, dialek, kaligrafi, dll)

c. Kajian seni Vernakular sebagai basis pengembangan seni tradisi, termasuk di dalamnya penerapan media baru, media kreatif, maupun media pembelajaran sebagai usaha pengembangan dan pelestarian seni lokal.

 

2.3. Fokus Penelitian Ekonomi Kreatif

Perkembangan era ekonomi industrial telah bergeser ke era informasi dan kini beralih menuju era Ekonomi Kreatif. Hal yang paling penting dalam ekonomi kreatif adalah tumbuhnya kekuatan ide yang ditransformasi menjadi nilai ekonomi. Berbeda dengan sumber daya alam yang apabila dieksplorasi makin lama makin habis, tidak begitu halnya dengan ide kreatif yang tidak akan pernah habis diexploitasi, malah sebaliknya nilainya makin meningkat.

Howkins (2001) secara ringkas mendefinisikan ekonomi kreatif sebagai: “The creation of value as a result of idea”. Di Indonesia, Kementerian Perdagangan pada tahun 2009 mendefinisikan ekonomi kreatif sebagai berikut: “Era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge dari sumber daya manusianya sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya”.

Daniel Pink dalam bukunya, The Whole New Mind (2006), mengatakan bahwa sektor-sektor yang bisa dikembangkan oleh negara-negara maju, yang sulit ditiru oleh negara-negara lainnya, adalah sektor yang lebih banyak melibatkan kemampuan otak kanan manusia, seperti aspek art, beauty, design, play, story, humor, symphony, caring, empathy and meaning. Karena ini memerlukan kemampuan spesifik manusia yang melibatkan kreativitas, keahlian, dan bakat. Hal ini berarti kualitas SDM yang diperlukan adalah manusia yang berkarakter dan kreatif.

 

Sebanyak 14 sub-sektor ekonomi kreatif yang menjadi kepedulian pemerintah adalah: layanan komputer & piranti lunak, permainan interaktif (interactive games), film video & fotografi, kerajinan, musik, desain (desain industri, interior, komunikasi visual, dll), periklanan, seni pertunjukan, broadcasting (televisi & radio), arsitektur, riset & pengembangan, fesyen, pasar seni & barang antik, serta penerbitan & percetakan.

 

Dengan melihat kekuatan yang ada, sejatinya UK Petra dapat berperan pada sebagian besar dari sub-sektor Ekonomi Kreatif di atas tersebut. Dengan menjadikan Ekonomi kreatif sebagai salah satu fokus penelitian universitas, maka UK Petra berperan melakukan penelitian dan pengembangan dalam upaya mengembangkan ekonomi kreatif berbasis seni budaya, media, desain, dan Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi).

 

Bidang-bidang Ekonomi Kreatif yang digeluti oleh UK Petra adalah (namun tidak terbatas pada hal ini saja):

-  Riset di bidang Peningkatan Sumber Daya Ekonomi Kreatif (Method & Process: Value chain, Perilaku Pelanggan,technology management, creativepreneuer, dll.; SDM Ekonomi Kreatif: pengembangan karakter (soft skills), communications, dll.)

-  Riset di bidang ICT (Information and Communication Technology) yang tidak semata-mata hanya memperhatikan sisi teknologi saja, namun juga memadukan teknologi dan ide kreatif sehingga menghasilkan layanan/piranti lunak/produk IT yang brilian bernilai ekonomi. ICT meliputi mobile computing, artificial intelligent/soft computing, telematika, informatika, sistem informasi, dll

-   Peningkatan kreativitas desain (komunikasi visual/interior/industri) dan arsitektur

-   Peningkatan kreativitas dan nilai tambah seni dan budaya (mempopulerkan produk seni local/seni pertunjukan/seni sastra dengan media dan cara-cara kreatif)

-    Peningkatan kreativitas dan nilai tambah di bidang Media (multimedia, broadcasting, internet social media, electronic publishing, dll)

-    Peningkatan kreativitas dan nilai tambah film, video, dan fotografi

-    Peningkatan kreativitas di bidang hospitality (pariwisata, perhotelan, kuliner, dll).Kuliner erat kaitannya dengan sektor pariwisata dan diharapkan dapat semakin berkembang dan menjadi daya tarik wisatawan sekaligus identitas bangsa Indonesia

 

Fokus Ekonomi Kreatif yang diusung oleh UK Petra mendapat dukungan SDM dan fasilitas riset dari Program Studi/Fakultas/Pusat Studi. Fakultas Seni dan Desain mengambil peran untuk pengembangan kreatifitas Seni dan Desain (FSD). Fakultas Teknologi Industri (FTI) khususnya Program Studi Teknik Informatika & Elektro mengembangkan kreatifitas ICT (pengembangan layanan komputer dan perangkat lunak). FTI Bersama dengan FSD juga dapat mengembangkan animasi dan interactive computer games. Fakultas Sastra dapat berperan untuk mengembangkan sastra dalam bentuk seni pertunjukan kreatif atau dalam media kreatif lainnya. Fakultas Komunikasi, FTI dan FSD berpeluang untuk mengembangkan media dan broadcasting kreatif memanfaatkan ICT. Dan tidak ketinggalan Fakultas Ekonomi (FE) bersama Pusat Studi Value Chain bisa berperan untuk mengembangkan method dan process penunjang ekonomi kreatif. Secara khusus FE berperan dalam penelitian dan pengembangan kreatifitas di bidang hospitality khususnya pariwisata dan kuliner. Kuliner erat kaitannya proses kreatif menunjang sektor pariwisata dan diharapkan dapat menjadi daya tarik wisatawan sekaligus memperkokoh identitas bangsa Indonesia

3. Tujuan Penelitian di UK Petra

Di dalam agenda riset Nasional 2006-2009 telah ditetapkan visi IPTEK 2025 adalah “Iptek sebagai kekuatan utama peningkatan kesejahteraan yang berkelanjutan dan peradaban bangsa”. Universitas Kristen Petra (UK Petra) sebagai bagian dari dunia Perguruan Tinggi di Indonesia juga telah menetapkan sebuah visi, yaitu menjadi “Caring and Global University Committed to Christian Values”, dalam rangka untuk ikut membentuk kesejahteraan bangsa yang beradab dan berkelanjutan.

Jati diri Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UK Petra tidak lepas dari Visi dan Misi UK Petra. Untuk mencapai Visi UK Petra,telah ditetapkan Misi Universitas dibidang penelitian yaitu memajukan dan memberdayakan masyarakat melalui pencapaian kualitas bertaraf internasional dan unggulan (excellence) dalam hal kepakaran (expertise), penelitian, publikasi ilmiah, serta pengabdian masyarakat.

Penyusunan Rencana Induk Penelitian UK Petra ini didasarkan pada RENSTRA Universitas 2012-2017, Kebijakan Senat Universitas yang dituangkan dalam SK Rektor tentang Fokus Penelitian Universitas Kristen Petra, Kebijakan Senat Universitas tentang Kebijakan Mutu Akademik, Standar Mutu Akademik, dan Peraturan Akademik - bab Penelitian dan Pengabdian, termasuk di dalamnya mengatur tentang definisi penelitian, etika dan norma penelitian serta Indikator Mutu Penelitian yang dipergunakan untuk memantaukeberhasilan pencapaian sasaran dan strategi kinerja penelitian. 


Dasar Pemikiran Fokus Penelitian Unggulan UK Petra

Gambar 1. Dasar Pemikiran Fokus Penelitian Unggulan UK Petra

Tujuan dari dibuatnya Rencana Induk Penelitian ini adalah:


a. Memastikanarah penelitian di UK Petra sesuai dengan prioritasriset nasional dan arah perkembangan ekonomi,
b. Menjaminpengembanganunggulan universitas sesuai dengan Visi & Misi, rencana strategis yang ada serta peta kepakaran dan fasilitas yang tersedia di UK Petra,
c. Meningkatkankualitas penelitian & publikasi, kualitas manajemen dan sistem pengendalian mutu, serta perencanaan sumber daya.




Bahasa Indonesia

Info LPPM

Cangkrukan Ilmiah : Purposed Research Based on Patent

Ingin hasil penelitian inovatif, yang belum pernah dilakukan orang lain? Rencana akan mempatenkan? bila iya, acara cangkrukan kali ini akan mengupas bagaimana mencari dokumen paten dan tips membaca dokumen paten tersebut.

Sentra HKI - Universitas Kristen Petra akan mengadakan cangkrukan - ilmiah :

Tema : Purposed Research Based on Patent

Tanggal : 6 Maret 2015

Waktu : 13.00 - 15.30 WIB

Ruang : RK 1 Gedung Radius Prawiro lt 10

Pembicara : Nugraha Pratama Adhi, S.T., M.HP (Konsultan HKI)

 

Biaya Pendaftaran Rp. 100.000

Bapak Sumarno, telp 031-2983147

email : marno@petra.ac.id, puslit@petra.ac.id

 

Telah Terbit Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 15 No. 2 November 2013 - TERAKREDITASI

Jurnal Akuntansi dan Keuangan animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Jurnal Manajemen dan Kewiraushaan Vol. 16 No. 2 September 2014

Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan

animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email: puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Telah Terbit - Civil Engineering Dimension Vol. 16 No. 2 (2014) - September 2014 - TERAKREDITASI

civil engineering dimension animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Telah Terbit - K@ta (Jurnal Sastra Inggris) Vol. 16 No. 1 - Juni 2014 - TERAKREDITASI

K@ta animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Telah Terbit - Jurnal Teknik Industri Vol. 16 No. 2 - Desember 2014 - TERAKREDITASI

Jurnal Teknik Industri animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Unit Transfer Teknologi

UK Petra yang didirikan pada tahun 1961 memiliki visi menjadi Universitas yang Peduli dan Global yang Berkomitmen pada nilai-nilai Kristiani. Visi ini yang mendasari keinginan UK Petra untuk memajukan dan memberdayakan masyarakat melalui kualitas dan keunggulan kepakaran yang dimilikinya.

 

Who's Online

We have 103 guests online