Friday, January 20, 2017
Abdimas Pedoman Pelaksanaan

I. GAMBARAN UMUM PENGABDIAN kepada Masyarakat (ABDIMAS)

 Pengabdian kepada masyarakat (selanjutnya disebut abdimas) merupakan salah satu darma atau tugas pokok perguruan tinggi di Indonesia, di samping darma pendidikan dan darma penelitian. Dengan dilaksanakannya darma abdimas, diharapkan selalu ada keterkaitan, bahkan kebersamaan antara perguruan tinggi dan masyarakat. Dengan landasan pemikiran ini, diharapkan ada usaha yang sadar untuk mencegah terjadinya isolasi perguruan tinggi dari masyarakat lingkungannya.

Oleh karena abdimas merupakan salah satu tugas pokok perguruan tinggi, maka pelaksanaannya harus didukung oleh segenap warga perguruan tinggi, yang dilandasi oleh pemahaman yang benar. Hal ini sesuai dengan bunyi PP No. 60 Tahun 1999 bab III pasal 3 ayat 4 tentang pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi, yang menyatakan bahwa:

....."Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan sumbangan demi kemajuan masyarakat"....

Kegiatan abdimas bertujuan untuk mengembangkan dan mensukseskan pembangunan menuju tercapainya masyarakat yang maju, adil dan sejahtera. Didalamnya termasuk usaha meningkatkan kemampuan khalayak sasaran dalam memecahkan masalahnya sendiri. Dengan demikian, pengabdian kepada masyarakat harus selalu diarahkan pada kegiatan-kegiatan yang dampak dan manfaatnya dapat secara langsung dirasakan oleh masyarakat. Upaya ini dapat dilakukan terlebih dahulu dengan suatu penelitian atau mengkaji ulang hal-hal yang ditemui pada saat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan.

Kegiatan Abdimas di UK Petra berbasiskan pada disiplin ilmu dan kompetensi yang dimiliki oleh UK Petra. Abdimas yang dimaksud bersifat pemberdayaan masyarakat dan dilaksanakan oleh Unit Akademik/Lembaga Kemahasiswaan sebagai bagian dari sivitas akademik UK Petra. Sebagai salah satu pilar utama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi dan salah satu orientasi program Lembaga Kemahasiswaan – Keluarga Besar Mahasiswa (LK-KBM) UK Petra, maka abdimas wajib dilakukan oleh sivitas akademika secara institusional dan prosedural. Kegiatan Abdimas yang dilakukan oleh Lembaga Kemahasiswaan diatur tersendiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan dalam pelaksanaannya (secara operasional) akan berkoordinasi dengan LPPM, sedangkan kegiatan abdimas yang dilakukan oleh Unit Akademik sepenuhnya akan berkoordinasi dengan LPPM.


II. TUJUAN ABDIMAS UK PETRA

Sejalan dengan apa yang tertulis di PP No. 60 Tahun 1999 bab III pasal 3 ayat 4, maka tujuan yang hendak dicapai dalam bidang abdimas di UK Petra (sesuai dengan tujuan dari UK Petra yang ke - 3) adalah:

“Mengupayakan penggunaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat (civil society) dan memperkaya kebudayaan nasional.”

Dengan demikian, maka setiap pengembangan keilmuan sesuai disiplin ilmu yang ada di UK Petra diharapkan berguna untuk pemberdayaan dan penyejahteraan masyarakat.


III. ARAH ABDIMAS UK PETRA

Agar abdimas yang dilakukan oleh sivitas akademik dapat terarah, maka LPPM menetapkan arah abdimas UK Petra sebagai berikut:

  1. Abdimas harus berorientasi pada usaha pencapaian visi dan misi universitas: peduli dan global berlandaskan nilai-nilai kristiani yang ditunjukkan melalui excellency dalam kepakaran, penelitian dan pelayanan yang mengacu pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, mendukung program pemerintah dan pemberdayaan industri kecil.
  2. Abdimas dilakukan sebagai penerapan keilmuan yang dimiliki oleh sivitas akademika baik bersifat monodisipliner maupun lintas keilmuan yang bersifat inter dan multi disipliner.
  3. Abdimas dilakukan secara kontekstual, aplikatif, kreatif, inovatif dan memiliki relevansi keilmuan berlandaskan penguasaan IPTEKS.
  4. UK Petra juga mengarahkan agar abdimas bisa dilakukan menjadi satu kesatuan yang terintegrasi dengan kurikulum mata kuliah program studi, yang diberi nama Service-Learning. Service-Learning pada dasarnya merupakan metode pembelajaran dua arah yang berupaya agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmunya secara nyata kepada masyarakat dan juga dapat belajar dari masyarakat yang menjadi komunitas sasaran/mitra.


IV. SASARAN ABDIMAS

Khalayak sasaran kegiatan abdimas pada dasarnya adalah masyarakat di dalam kampus dan di luar kampus yang merupakan mitra kerja perguruan tinggi untuk menerapkan IPTEKS dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapinya. Masyarakat yang digolongkan dalam khalayak sasaran adalah:
1. Lembaga yang bersifat non provit/public service (Gereja, Sekolah, Kantor Pemerintah, yayasan, dll).
2. Komunitas pra-sejahtera yang terbelakang dalam hal pendidikan (anak jalanan, masyarakat miskin desa/kota, dll).
3. Kelompok usaha provit sampai pada tingkat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Cakupannya meliputi pemerintah atau swasta, industri mikro kecil dan menengah, serta masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Dalam memilih khalayak sasaran kegiatan abdimas diupayakan dapat menjangkau masyarakat yang tersisih dan terbelakang karena ketidakmampuannya. Untuk permasalahan yang ditangani akan diprioritaskan sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki oleh sivitas akademika UK Petra.

Persyaratan, tata cara, dan informasi pelaksanaan penelitian lebih lengkap bisa dibaca di PEDOMAN PELAKSANAAN ABDIMAS UK PETRA 2012

Bahasa Indonesia

Info LPPM

Cangkrukan Ilmiah : Purposed Research Based on Patent

Ingin hasil penelitian inovatif, yang belum pernah dilakukan orang lain? Rencana akan mempatenkan? bila iya, acara cangkrukan kali ini akan mengupas bagaimana mencari dokumen paten dan tips membaca dokumen paten tersebut.

Sentra HKI - Universitas Kristen Petra akan mengadakan cangkrukan - ilmiah :

Tema : Purposed Research Based on Patent

Tanggal : 6 Maret 2015

Waktu : 13.00 - 15.30 WIB

Ruang : RK 1 Gedung Radius Prawiro lt 10

Pembicara : Nugraha Pratama Adhi, S.T., M.HP (Konsultan HKI)

 

Biaya Pendaftaran Rp. 100.000

Bapak Sumarno, telp 031-2983147

email : marno@petra.ac.id, puslit@petra.ac.id

 

Telah Terbit Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 15 No. 2 November 2013 - TERAKREDITASI

Jurnal Akuntansi dan Keuangan animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Jurnal Manajemen dan Kewiraushaan Vol. 16 No. 2 September 2014

Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan

animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email: puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Telah Terbit - Civil Engineering Dimension Vol. 16 No. 2 (2014) - September 2014 - TERAKREDITASI

civil engineering dimension animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Telah Terbit - K@ta (Jurnal Sastra Inggris) Vol. 16 No. 1 - Juni 2014 - TERAKREDITASI

K@ta animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Telah Terbit - Jurnal Teknik Industri Vol. 16 No. 2 - Desember 2014 - TERAKREDITASI

Jurnal Teknik Industri animated-new

Untuk berlangganan dan informasi lebih lanjut, hubungi telepon 031-2983147 atau email puslit@petra.ac.id.

Kunjungi juga situs web Electronic Journal kami di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/

 

Unit Transfer Teknologi

UK Petra yang didirikan pada tahun 1961 memiliki visi menjadi Universitas yang Peduli dan Global yang Berkomitmen pada nilai-nilai Kristiani. Visi ini yang mendasari keinginan UK Petra untuk memajukan dan memberdayakan masyarakat melalui kualitas dan keunggulan kepakaran yang dimilikinya.

 

Who's Online

We have 136 guests online